Kisumai Concert Tour 2019 To-y2 ~The Journey~ (Part 2)

by - October 30, 2020


3 dan 4 Oktober 2020, dua hari yang sudah ditentukan untuk konser online Kisumai di JNO. Beruntunglah dua hari ini jatuh di hari Sabtu dan Minggu, jadi bisa menonton dengan tenang tanpa harus cuti. Walaupun sesungguhnya, kalaupun mereka konser di hari biasa, gw akan bela-belain ambil cuti buat mereka.

Maafkan kebucinanku ya gaes.

Alhamdulillah sih, karena gw ngajak Yuri dan Lia nobar bareng, jadi gw nggak krik-krik nonton konser sendirian hehehe.

Sehari sebelum konser, ada video bonusan dari serial code bagi yang beli album bundling (oh, tentu saya tidak beli! Tapi saya dapat filenya hehe), di video itu mereka main game sambil dikit-dikit ngasih hint mengenai konser dua hari ke depan. Hint yang didapat salah satunya adalah, bakal ada dua pattern untuk setlist. Asik, setlist hari pertama dan kedua beda nih!

Hari pertama, 1 jam sebelum mulai, gw udah buka video JNO dan konekin HDMI ke TV biar bisa nonton di layar gede. Awalnya sih, cuma halaman biasa yang menuliskan judul konser, mulai jam 18.00 dll. Yah, ekspektasi kita kan, akan seperti itu sampai mau mulai ya. Eh, 30 menit sebelum konser mulai, kita dikejutkan dengan mereka yang mulai memperlihatkan venue. Sumpah, cuma diliatin venue kayak gini langsung auto baper. Feelnya udah berasa kayak lagi nunggu di dalam venue nunggu konsernya mulai. Duh, berasa diajak nonton konser offline ketimbang konser online tau nggak.

Dan puncak kebaperannya, kurang dari 10 menit sebelum konser dimulai, tiba-tiba scenenya berubah jadi jalan dari stasiun sampai dengan masuk ke dalam Tokyo Dome, ngeliatin tiket sampai masuk ke gate masuk ke dalam venue, dengan background sound suara rekaman fans yang teriak 'Kisumai go! Kisumai go!"

Ini mah gimana nggak bikin baper ya cuy. Mereka seakan ngajak kita seakan-akan kita nonton langsung di venue, bukan online lagi. Duh, lemah hati.

Abis masuk, dimulai lah dengan VTR Opening, dimulai dari Screamers-tachi yang ngasih arahan apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan selama konser, seperti biasa. Bedanya, sekarang arahannya menyesuaikan dengan kondisi nonton konser dirumah masing-masing. Sebelum ke VTR introduction member, kita diliatin dong di backstage lagi engine disorot dari atas.

Kisumai, lu jahat bener asli.

Setelah VTR, akhirnya konser mulai dibuka.

Openingnya Cannonball, posisi mereka naik ke kotak yang bisa naik turun begitulah, mungkin konsepnya seakan-akan berada di kotak mainan gitu yah. Sound hari pertama menurut gw agak kurang, suaranya agak terlalu kecil.

Tapi semua itu nggak mengurangi ciri khas setlistnya Kisumai sih.

Dibuka oleh Cannonball, kemudian HANDS UP dan Mr. Fresh, dari main stage mulai lari ke center dan b-stage, kemudian perform Dancing Star dengan stage yang bagian bawahnya layar LED. Sumpah, ini keren parah. Mungkin kalau ada penontonnya, gila makin keren kali ya. Dan dancenya pun dibuat keren banget.

Setelah Dancing Star, mashup 3 lagu, Pick It Up, Luv Sick, Gravity. Dan ini mashup paling keren sepanjang sejarah mashup-nya Kisumai. Walaupun awalnya, gw bingung ngikutin lagu yang mana, bingung ini sebenarnya lagu yang mana. Tapi tambahan bagian rapnya kerennya parah banget sih. Dan di mashup ini seperti konser-konser sebelumnya, tempat mereka introduction ama call and response. Duh, pengen beneran call and response di venue deh asli.

Setelah mashup, ketemu VTR ala-ala main game mario bros. Setelah VTR selesai, langsung berlanjut ke COUNT 7-EVEN-, Sometime (pakai pintu-pintu gitu), Be Alright (tau-tau nongol dimana-mana mencar, kalau kata temen gw, itu pitu dokodemo doa (pintu kemana aja) banget lah), kemudian My Place.

Setelah My Place, ada bgm kayak petir gitu, dan yang selama ini ditunggu-tunggu, MAHARAJA! Finally, MAHARAJA!! Akhirnya, kita dapat juga performance MAHARAJA!

Love it!

Setelah Maharaja, mereka mulai pakai roller skates dan muterin venue sambil nyanyi We are Kisumai dan SHE! HER! HER!. Lanjut MC Talk, dimana Showa-gumi stay dan Heisei-gumi ganti baju duluan. Pas Showa-gumi, rasanya rame banget talknya karena ada Mitsu ama Miyata, giliran ditinggal, anteng bener datar ngomongin kostum wwww.

Setelah semua ganti baju, akhirnya tiba saatnya. Bagian dimana Miyata dapat hadiah jadi paling bersinar karena menang Real Sugoroku, dan kita sebelumnya ikut polling untuk memilih lagu, Still song for you atau Ima mada tooku hateshinai yume wo. Berhubung Ima mada terlalu lekat sama image Fujikita nge-acapella dibagian awal pas Yummy, dan gw nggak mau image di otak gw berubah, jadi gw sendiri milih Still song for you. Dan most of fan sepertinya sepikiran, milih Still song for you.

Dan Still song for you versi To-y2 sumpah, gila, keren. Oke, gw bucin. Hahahaha.

Abis itu, mereka sempet break lagi bacain chat dari fans sebelum nyanyi Tane. Setelah Tane, berlanjut ke bagian Hihi Jets sebelum menuju ke bagian kedua.

Bagian kedua dimulai dengan Edge of Days, dilanjutkan dengan Catapult. Setelah Catapult, setlist selanjutnya adalah medley main song dari album Kis-My-World sampai FREE HUGS, dilanjutkan dengan To Yours. Setelah To Yours, kemudian layar berubah menjadi last VTR, dimana pada VTR ini menjelaskan bahwa dari album Kis-My-World sampai To-y2 jika diambil komponen hurufnya dan dikumpulkan akan membentuk kata 'Kis-My-Ft2'. Kemudian memperlihatkan 'Kis-My-Ft2 10th Anniversary 2021.08.10'.

Ah, baper.

End credit, dilanjutkan oleh message per member, kemudian tau-tau kita diperlihatkan mereka dengan kaos To-y2 ada di dekat tangga, dan ketika mereka naik keatas, ternyata mereka berada di atap Tokyo Dome Hotel. Wow! Disinilah, mereka mulai menyanyikan bagian encore, menyanyikan Everybody Go dan Endless Summer.

Kita mengira, setelah Encore, berakhir dan nyaris dimatiin, sampai tau-tau lanjut sendiri. Ternyata itu bagian khusus yang beli tiket dengan fc Kisumai. Di bagian ini, mereka ceritanya mau foto-foto bareng dengan background Tokyo Tower dan Tokyo Sky Tree. Hasil foto mereka di bagian ini di share di JNO dan email keesokan harinya sih.

And, the concert for Day 1 ended.

Hari kedua, ada beberapa perbedaan setlist. Hari pertama yang tadinya HANDS UP, di hari kedua menjadi Make You Mine. Untuk Sometime, Be Alright, My Place, di hari kedua diganti Rainy Days, Letting Go dan memento. Untuk bagian yang kemarin kita isi angket yang Miyata yang paling medatsu, hari kedua angketnya mengenai lagu apa yang ingin dinyanyikan oleh Kisumai. Pilihannya antara Makenaide atau Kimi Omoi, dan hasil terbanyaknya adalah Kimi Omoi.

Bagian sisanya tidak banyak berbeda dengan hari pertama, hanya saja, pas banget di hari kedua, Sky Treenya lagi nyala warna ungu! Hahaha.

Sayang beribu sayang, waktu yang normalnya untuk dome 2.5 jam include encore, untuk online concert cuma diberikan waktu 2 jam in total, yang mau nggak mau jadi mengorbankan unit song mereka. Sediiiiih. Padahal itu paling dinantikan :( Terutama Unmei-nya Miyatama, berhubung ini final chapter dari trilogy mereka kan.

Yah, walaupun nggak ada unit song, tapi tetep, gw cinta banget sama semua yang mereka lakukan buat konser ini. Bikin kita merasakan seakan-akan beneran masuk dome dan nonton di dalam venue, gimana mereka berusaha bikin dua pattern, yang menurut analisis gw, biar semua lagu yang possible dari setlist aslinya bisa masuk, sampai encore diatas Tokyo Dome Hotel itu bener-bener wow parah. Belakangan ini gw nonton konser grup lain, yang ampe pake Tokyo Dome, jalan dari stasiun ampe venue, setlist hari pertama dan kedua beda, ada angket buat milih lagu, dibacain chat di tengah konser baru mereka sih.

Jadi suka terharus sama semua yang mereka lakuin buat fans ;A;

Konser ini seharusnya berarti banget buat mereka, seharusnya dipertunjukkan didepan fans langsung, dengan mereka yang bagian akhir VTR memperlihatkan satu persatu judul tour digabungkan jadi satu dan kemudian keluar tulisan 10th Anniversary, yang mana konser ini jalan menuju konser 10 tahun mereka tahun depan, zannen sekali ada pandemi jadi begini...

Hal yang lain yang membuat gw seneng, mereka juga turut andil memberikan kita hashtag buat dipakai selama nonton konser. Sebelumnya, saat konser dicancel, fans membuat hashtag #エアToy2, kemudian dinotice oleh member Kisumai dan finally, saat konser online, Kisumai sendiri yang memberikan hashtag #リアルToy2 untuk kita.

From Air to Real, such a happiness <3

Konser online ini mungkin belum sempurna. Ada hal-hal yang dirasa masih kurang, kurang banyak terutama, tapi tetap rasanya nagih dan rasanya ingin ada lagi.

DVD please? Atau Extra Live?

Yang manapun, ditunggu yah, Kisumai!

Oh iya satu lagi. Kalo perhatiin logo konser kali ini (yang mana ini dibuat oleh Senga), T-nya dibuat seperti angka 7, dan 2-nya ditulis seperti angka 21. Kode banget ya, 10 tahunan. Hehe.




You May Also Like

0 comments