Spring Japan Trip 2018: Introduction (Part 1)

by - December 25, 2018





Jepang.

Sebuah negara yang sejak kecil paling pengen gw kunjungi. Berawal dari kesukaan gw akan anime dan manga serta J-pop dan J-rock dari kecil, ditambah mengenal Johnny's sejak gw SMA kelas 3, gw selalu mendambakan untuk bisa pergi ke negara tersebut. Dulu, tentunya pergi ke Jepang adalah sesuatu yang nyaris mustahil. Tiketnya sekali jalan bisa 7 juta sendiri, ngenes kan?

Tapi pelan-pelan, pergi ke Jepang mulai tidak terasa sulit lagi sejak ada Airasia dengan tawaran tiket murah. Ditambah dengan promo-promo tiket pesawat, yang dulunya sekali jalan bisa 7 juta, sekarang 7 juta bisa pp dengan pesawat bagus. Malah belakangan, pp dengan pesawat full service seperti Garuda, ANA, JAL dll, bisa cuma kena 4-6 juta pp.

Awal mula menemukan teman berhasil ke Jepang, adalah teman fandom Arashi yang dapat tiket pp 7 juta pp, alias 3,5 juta one way (which, tahun itu jarang banget promo kayak gini. Sayangnya sih, ketika teman gw berhasil berangkat dapat tiket 7 juta pp beli via seorang teman fans Arashi juga, katanya, teman gw yang lain ended up malah kena tipu). Kedua, adalah seorang junior di kampus yang berhasil ke Jepang via Airasia transit Kuala Lumpur. Asli, rasanya waktu itu pengen ikutan juga. Sayang aja, gw masih hanyalah mahasiswa yang ga punya duit banyak dan gak mungkin minta ke orang tua buat ke Jepang lol.

Pertama kerja di Bali selepas lulus, gw udah berniat untuk menabung demi bisa ke Jepang suatu hari nanti. Sayangnya sih, tempat kerja gw yang pertama, mau cuti sehari dua hari aja rempong, musti ada alasannya, gimana ceritanya gw ke Jepang seminggu dengan alasan liburan lol.

7 bulan kerja di tempat pertama, gw keterima di salah satu kantor di Jakarta. Gajinya lebih lumayan daripada di Bali, of course. Pikiran gw, gw lebih bisa nabung. Sebelum gw ke Jakarta, gw bela-belain bikin paspor biar suatu hari bisa berangkat ke Jepang lol. Sayang sih, nyaris 3 tahun kerja di kantor tersebut, ngeliat banyak sekali teman yang berhasil ke Jepang, baik jalan-jalan atau training atau sekolah, gw masih belum berhasil ke Jepang. Antara nyari teman ga kunjung dapat ga pede jalan sendiri, kurang cari informasi soal travelling kesana, udah ngumpulin uang, uangnya dipinjem teman sampai nyaris habis dan balikinnya lumayan lama, cuti habis, giliran ada teman mau kesana, cuti ada, uangnya ga ada (karena belum dibalikin), udah semangat ada yang janjiin mau bareng ke sana, taunya di PHP.

Jadi, berapa tahunkah saya mupeng liat orang pergi ke Jepang? lol.

Sampai akhirnya, pindah ke kantor baru, dimana orang-orangnya satu persatu liburan ke Jepang, jadi ada semangat "Gw tahun depan harus jalan-jalan ke Jepang pokoknya, ga mau kalah!". Ada yang bisa ditanya-tanya soal informasi travelling. Senang aja sendiri akhirnya gw dapet kantor yang ada orang-orang yang hobi travelling ke LN ala-ala backpacker, I'm not alone. (Soalnya, di kantor lama, temen-temen gw tipe yang not really into abroad travel, paling banter ga jauh-jauh dari SG-Malay-Thai hahaha).

Saking gedeknya di PHP melulu, gw akhirnya mutusin nyari-nyari temen yang mau diajak jalan bareng. Kalau sial-sial, yaudah jalan sendiri aja. Tanya sana sini, akhirnya dapet temen Brevet yang dulu pernah cerita dia pernah mau ke Jepang tapi ga jadi. Ditawarin, mau.

Alhamdulillah.

Target gw kala itu adalah ngeliat Sakura di Musim Semi 2018, dan kebetulan tanggalnya pas kena ulang tahun gw. Ulang tahunan di Negeri Matahari Terbit, kece kan?

Karena temen gw kebetulan gak bisa Bahasa Inggris (but really helps me about the place we want to visit, we discuss the place of course, together), jadi gw harus jadi orang utama yang nuntun biar ga nyasar, nanya kalau perlu, lebih banyak cari tau ke site berbahasa Inggris dan sejenisnya dll. Dan ga salah juga gw sebelumnya memilih "latihan" ke Singapore hahaha.

Oke, persiapannya apa aja sih sebelum ke Jepang?

Akan gw ceritakan di part kedua. Matte ne!

Jya!


tbc.

Picture credit to japan-forward.com

You May Also Like

0 comments