First Abroad Trip: Singapore ~Part 6~ (Final)

by - December 25, 2018

Ketika seseorang melakukan travelling, mungkin rata-rata orang akan menanyakan hal berikut ini:

“Berapa sih budget buat liburan ke sana?” 

Believe it or not, tapi tiap ada orang liburan, pasti ada aja nanya hal semacam itu. Sebenarnya sih, untuk travelling ke Singapore, pasti rata-rata sudah tau budgetnya habis berapa normalnya (untuk ukuran backpacker). Saya sendiri pun juga ingin tau selama saya pergi kesana, habis berapa banyak. Maka dari itu, saya mencoba untuk merinci pengeluaran saya selama disana. (PS: Ini mungkin bukan versi yang terlalu ngirit, tapi lumayan lah ngirit). 

Mungkin bisa dijadikan acuan untuk first time traveler ke Singapore?

In the case you visit SG for some event or concert, of course the budget will be 1 or 2 million bigger. Kebetulan juga, saya selain karena event, agaknya kemarin terlalu rakus belanja di Bugis Street dan di Sentosa, all of them is chocolates lol. Kalau pakai acuan budget saya dikurangi si AFASG dan belanja yang seperlunya, tentu saja budgetnya bisa lebih kecil dari yang saya keluarkan. Apalagi jika hanya mengunjuki lokasi-lokasi wisata yang tidak perlu mengeluarkan biaya, seperti Little India, Chinatown, Merlion Park dll.

Beberapa tips dari saya ketika anda baru pertama kali menginjakkan kaki di SG antara lain:

  1. Jika memilih untuk membeli SIM Card, belilah di Sevel. Karena rata-rata di stand yang ada di bandara hanya menyediakan SIM Card dengan nominal harga $30 atau $50. Buat saya yang cuma 3 hari di SG, buat apaan cobaaaaa.
  2. EZ link is very recommended to travel around Singapore. You can use it with MRT or Bus. Kalau menurut saya pribadi sih, beli EZ Link seharga $10 (coba cari stand-stand sekitar Changi, sesekali ada yang jual EZ Link cuma $10, yang mana normalnya $12), lalu top up sebesar $10 (total saldo $15, $5 untuk deposit), untuk ukuran hanya jalan-jalan 3 hari mah, jauh lebih murah daripada beli STP seharga $30. Ciyusaaan.
  3. Buat muslim, hati-hati cari makanan yah. Di SG itu banyak makanan non-halal. Jadi carilah tempat makan yang sudah pasti halal, seperti di daerah Bugis, atau tempat makan yang ada logo halal Singaporenya. McD, KFC, Subway dan beberapa yang saya ngga inget apa lagi, ada logo halalnya. Cari yang halal dan murah banyak asal rajin searching hehe.
  4. Buat manusia kayak saya yang ngga biasa jalan, jalan 1 harian penuh di Singapore bikin kaki sakit dan pegal. Seriously. Selalu sedia counterpain buat mengurangi rasa sakit, manjur loh!
  5. Air minum di SG mayan harganya (Air Mineral sebotol sekitar 1-2 dolar, najong kan?). Kalau bisa, sebelum berangkat jangan lupa isi botol di dispenser yang disediakan hostel ya! (Jangan kayak saya, hari terakhir malah lupa!)
  6. Kalau di Indonesia musim hujan, jangan lupa ke SG bawa payung! Karena saya kemarin kehujanan. Udah pakai payung aja udah basah kuyup, gimana nggak pake payung!

Mungkin itu aja yang bisa saya tulis kali ini. Semoga jika ada yang membaca blog ini, setidaknya bisa membantu. Saya sendiri masih belum puas ke Singapore, karena bangun selalu kesiangan (well, tinggal di dorm jadi ngga enak nyalain alarm saya yang super duper berisik), jadi banyak tempat yang belum kebagian.

Next time, Singapore lagi atau malah next destination, Insya Allah bakal coba nulis lagi.


Adios! See ya! Mata ne!

PS:
Repost from my wordpress blog here.

You May Also Like

0 comments