First Abroad Trip: Singapore ~Special Part “AFASG 2017″~

by - December 25, 2018

Jadi, diantara semua acara jalan-jalan berkeliling Singapore yang gw lakukan dari hari pertama sampai hari ketiga, sebenarnya tujuan utama gw pergi ke Singapore adalah: 

Datang ke Anime Festival Asia 2017 in Singapore alias AFASG. 

Sebenarnya, AFA juga diadakan di Indonesia setiap tahunnya. Tapi kenapa gw bela-belain pergi ke Singapore demi AFA, sementara di Indonesia gw sendiri jarang datang ke AFA ketika ada? Karena AFASG terkenal setiap tahunnya selalu mendatangkan Seiyuu-seiyuu (a.k.a. Voice Actor) ternama Jepang. Yah, ke Indonesia sih terkadang yang didatangin juga termasuk punya nama, tapi rata-rata cewek dan gw ngga gitu kenal. Kalau SG, sering mendatangkan Seiyuu-seiyuu cowok yang udah punya nama diantara fans-fans Seiyuu. 

Tahun lalu aja, mereka ngedatengin sekelas Okamoto Nobuhiko aka Noburin, Yamashita Daiki aka Daichan, dan Matsuoka Yoshitsugu. Sayang sih, tahun lalu gw ngga bisa dateng, terkendala masalah duit gw yang dipinjem orang, paspor yang disimpen ortu di Bali (believe me or not, gw baru ambil paspor gw yang gw udah bikin dari tahun 2013 pas liburan tahun baru kemaren lol), dan terkendala… apa lagi ya gw lupa hahaha. 

Pas tahun ini, karena gw masih hot-hotnya suka sama Seiyuu, gw memang sejak awal niatin untuk datang ke AFASG. Apalagi AFA Thailand tahun ini ngedatengin Suwabe Junichi. Anjir. Sayang sih, gw dan Muti memilih ngga nekat ke Thailand karena waktu AFA lagi bulan puasa, hahaha. 

Sejak awal, gw sama Muti udah sepakat kalau kita mau ke AFASG tahun ini. Kata gw ke Muti waktu itu, siapapun guestnya ngga masalah, gw sekalian pengen jalan-jalan. Jadilah, gw beli tiket pesawat jauh sebelum guest seiyuu diumumkan. Gw sempet searching, Seiyuu cuma ada di bagian Stage, ngga sampe Anisong. Dimana artinya, ngga bakal di malam hati waktu mereka nongolnya. Dan tahun sebelumnya mereka ada di hari Sabtu. At least, ngga di hari Jum’at, menanggulangi hari Jum’at kita baru nyampe siang hari. Searching dan searching, kita memutuskan buat pesan tiket pesawat biar lebih pasti berangkat. Setelah menimbang-nimbang waktu pesawat berangkat dan pergi, akhirnya kepilihlah pesawat Jetstar, berangkat Jumat jam 09.15 dan balik dari SG hari Minggu, jam 20.30. 

Nah, karena urusan gimana kita dari persiapan hingga perjalanan di hari ketiga udah gw ceritain di post sebelumnya, gw langsung aja deh cerita ke bagian AFA. 

Dari Merlion Park, kita naik Bus menuju Suntec City. Haltenya ngga jauh dari Suntec City, kita tinggal nyebrang lewat jembatan penyebrangan yang langsung mengarah masuk ke Suntec City. Tadinya gw sama Muti kepikiran buat makan dulu, tapi ngeliat toko masih banyak yang tutup, dan escalator menuju ke Suntec City Convention Hall ada di depan mata, akhirnya gw dan Muti memilih buat langsung naik ke atas. 

Dari post AFA hari-hari sebelumnya, laporannya sih rame dan mengantri. Tapi pas sampai sana, ternyata masih tergolong sepi dan ticketing ngga ada antrian. Tanpa basa-basi, kita langsung ke bagian ticketing buat beli tiket Exhibition + Stage seharga $23. Kita dapat tiket bentuk gelang, yang kita musti pakai sendiri.

 

Setelah pakai gelang, kita langsung naik ke atas. Dan, wow, banyak booth seperti Gundam, bilibili, NHK World, Sacra Music dll. Saat muter-muter, kita sempet liat orang-orang yang sudah duduk mengantri di dekat pintu Stage. Karena belum terlalu rame, gw sama Muti milih buat keliling dulu. Nanti aja kalau udah deket-deket jamnya baru antri, gitu.


Tidak lupa mampir ke Sacra Music booth dong, walau cuma sekedar ngeliat mukanya Soma dipajang hahahaha.

Setelah puas muter-muter (lebih ke muter-muter nyari gratisan), gw yang tadinya mau ngabur ke luar makan tapi ngeliat waktunya mepet jadi milih ganjel perut pake Onigiri, akhirnya gw dan Muti mulai masuk ke antrian karena udah keliatan rame.


Mungkin ada sekitar 20-30 menit setelah kita duduk menunggu, akhirnya gatenya dibuka juga. Kita semua suruh berbaris, masuk per barisan. Karena gw sama Muti posisinya di barisan kedua paling belakang, pas barisan pertama jalan duluan, gw suruh Muti ikut ke barisan yang udah jalan. Licik abis kan? XD

Abis masuk Stage, kita langsung berburu tempat duduk. Gw sama Muti berusaha cari tempat duduk yang posisinya agak di tengah dan masih tergolong agak depan, biar keliatan jelas.



Memang ngga terlalu di depan, tapi agak di tengah. Nice position, right?

Oh iya, untuk guest seiyuu tahun ini, ngga lain dan ngga bukan adalah Kakihara Tetsuya (Kakki) dan Toyonaga Toshiyuki (Tosshi). Mereka datang sebagai perwakilan dari anime B-Project. Gw sama Muti sesungguhnya ngga nyangka kalau mereka berdua yang bakalan datang ke AFASG tahun ini. Pas gw tau guestnya Kakki dan Tosshi, dan gw nyampein beritanya ke Muti, it’s like, FATE! FYI, Kakki itu adalah salah satu Seiyuu yang paling gw suka (setelah Egu dan Kensho, ofc), dan Tosshi itu kesukaan Muti. Apalagi, Muti suka Tosshi gara-gara peran Gochin yang dibawain Tosshi di B-Project. SUCH A FATE!

Gw sebenernya belakangan ini lagi ngga fokus sama Seiyuu sama sekali. Maklum, lagi sepi rilisan. Adapun, kayak bukan event yang ada bias gw. Malah belakangan ini gw lagi balik ke Johnny’s, balik ke Kisumai, grup yang gw tinggalin sejak gw mengenal Johnny’s WEST. LOL. Jadi, ya belakangan otak gw nggak jauh-jauh dari anak-anak Kisumai, lagu-lagu Kisumai dan sejenisnya.

Tapi sumpah, detik-detik Kakki sama Tosshi mau nongol, gw deg-degan. Hahaha.

Satu menit, dua menit, tiga menit, sampai sekitar sepuluh menit setelah kita masuk ke dalam, akhirnya acara pun dimulai. Yang pertama keluar adalah dua orang MC, satu cewek dan satu cowok (dan berjanggut panjang, lol). Setelah mereka mengenalkan diri, dengan bahasa Inggris dan bahasa Jepang (dan si MC cowo bilang dia lagi mencoba dunia Seiyuu juga di Jepang), akhirnya keluarlaaaaah, KAKIHARA TETSUYA DAN TOYONAGA TOSHIYUKIIII!!!

Gw dan Muti dan seluruh manusia yang ada di ruangan itu lantas heboh dong. Kyaa, kyaa dan kyaa menghiasi satu ruangan gw rasa. Yah, kalau dalam sudut pandang gw, sumpah, keduanya, persis, kayak, yang lu biasa liat mereka kalau di Event Seiyuu, PV, Konser, Magazine yang ada merekanya, yang biasanya cuma bisa diliat dari layar laptop dan majalah. Persis banget, banget.

Dari awal sampai habis, seriously, mostly pake bahasa jepang. Ada terjemahan bahasa Inggrisnya, tapi semacam ngga guna-guna amat karena rata-rata kita udah ngerti apa yang mereka omongin even pake bahasa jepang. Hidup bertahun-tahun mengenal Seiyuu dengan video raw, plus dengerin radio atau dramacd, gimana ngga ngerti bahasa jepang secara otomatis? LOL.

Awal-awal, seperti biasa, perkenalan diri. Btw, mungkin yang bakal gw ceritain jatuhnya agak ngga berurutan dan ngga mendetail karena kemampuan gw yang payah dalam mengingat, jadi kalau disimpulkan:

  1. Kakki nyaris telat datang ke Bandara karena ketiduran. Ketika di telp oleh manajernya, ditanya semacam “Daijoubu desu ka?”, Kakki langsung dengan panik jawab “Zenzen dame!” dan langsung bergegas naik mobil dan ngebut ke Bandara. Sampai-sampai di Bandara, saking kepengen cepetannya, dia naik ke atas koper dengan posisi tengkurap diatas koper dan mendorong dirinya sendiri di Airport. (ANJIR BEGO BANGET SUMPAH SERIOUSLY).
  2. Awalnya, saat ditawari untuk ke AFASG, Kakki ditanya, mau ditemani siapa ke Singapore. Dia langsung jawab “Toyo (Toyonaga Toshiyuki).” Tapi karena drama Kakki yang nyaris ketinggalan pesawat, Tosshi takut kalau pada akhirnya dia yang jadi sendirian ke SG dan berdiri di panggung itu sendirian tanpa Kakki lol.
  3. Saat si MC baru mau ngomong serius memperkenalkan soal B-Pro, mata Kakki dan Tosshi semacam ngga fokus dan mengeliatin sesuatu. Pas di MC tanya ada apa, ternyata mereka berdua ngeliatin Janggut si MC. Mereka penasaran gimana caranya bisa numbuhin Janggut sepanjang dan selebat itu, karena mereka ngga bisa. Pas mereka tanya umur si MC berapa, si MC jawab “26 tahun”, Kakki dan Tosshi langsung shock. “WAKAIII! (Muda banget!)”. Terus mereka nyeletuk “LO TAU NGGA UMUR GW BERAPA? GW UDAH TIGA PULUHAN!” LOOOOL. Saking keasikan candaan soal Janggut, mereka sampe ngomong “Jangan-jangan B dari B-Project itu dari Beard. Beard Project.” (MAMAAA TOLONG PERUTKU MULES NGAKAK =)) =)) =)) )
  4. Nah, saatnya mereka berdua mengenalkan soalnya karakter yang mereka bawain. Pas Kakki disuruh ngenalin karakter dia, Anzai Momotaro, tau yang malah dia lakuin? MONOMANE MORIKUBO SHOWTARO!! Monomane gimana ketawa ama ngomongnya si Morikubo sampe si Tosshi bilang “Salah, salah! Itu mah si rambut ijo!!!” (Jadi, Morikubo tuh bawain karakter di B-Project namanya Hikaru, ciri khasnya rambutnya ijo panjang. Sedikit info ngga penting, Kakki emang hobi banget monomane gaya ketawa ama cara ngomong khasnya Morikubo, ngga cuma di B-Pro event, tapi juga di anime/game lain yang bareng Morikubo juga, seperti Ensemble Stars atau Yowapeda) (Gw lupa sih Yowapeda pernah monomane Morikubo apa ngga yah hahaha)
  5. Sisanya gw sih lupa ngomongin apalagi. Pokoknya ada ngeliatin video teaser yang kalau ngga salah diambil dari teaser game android Bpro, dan ngumumin soal Anime Season 2-nya B-Project. Ngga ada yang bisa gw inget selain gw sakit perut kebanyakan ketawa gara-gara kelakuaan mereka berdua yang terlalu sarap.

Ngga kerasa, akhirnya waktu berlalu dan Stage untuk B-Project bersama Kakki dan Tosshi pun kelar. Tapi, pertemuan kita berdua dengan mereka ngga cuma sampai situ. Kebetulan, kita beli tiket untuk Meet & Greet mereka berdua, di luar tiket AFA SG sendiri. Kita sempet tanya panitia dimana lokasi M&G, tapi jawaban mereka ngambang semua. Dan setelah coba cek email, ternyata ketulis di email. Lupa :))

Dari ruangan Exhibition, kita langsung turun menuju ruangan tempat M&G dilaksanakan. Tapi sebelum itu, kita ke toilet dulu. Keluar dari toilet, udah ramai orang duduk mengantri sampai gate M&G dibuka. Pertama, kita harus antri untuk verifikasi tiket. Agak lama sih, entah kenapa. Sampai-sampai ngga lama setelah kita kelar verifikasi tiket, gatenya udah dibuka. LOL.

Karena antrinya agak terlambat, jadi kita dapat di bagian belakang banget. Untungnya aja sih, sepanjang M&G kita disuruh duduk. Karena ruangannya kecil, walaupun duduknya di belakang (tapi di tengah), jadi masih keliatan jelas. Aturan buat M&G jauh lebih ketat daripada Stage. Ngga boleh moto, ngerekam dan sejenisnya.

Menunggu dan menunggu, akhirnya mereka berdua datang dari pintu masuk kita tadi. KYAAA. Pertama, masuk Kakki terlebih dahulu, baru masuk Tosshi. Kocak sih Tosshi, dia pertama sok-sok sembunyi dibalik pintu, trus jalan yang lama-lama jongkok sembunyi di bawah meja yang ada di deket pintu masuk. Asli bloon banget.

Sejak awal, kita udah ditanya apa nyaman kalau selama talk full japanese tanpa english. Sebagian besar ngerasa oke, cuma beberapa mungkin yang agak kurang oke. Tapi sejak awal, memang fokus full japanese dan mostly, seperti pas Stage, udah pada ngerti duluan. Tadinya sih si MC, yang sumpah, fluent banget baik Japanese atau English, ngga bakal translet ke English sama sekali. Tapi atas permintaan Tosshi yang semacam kasihan kalau ada yang ngga ngerti, jadi akhirnya dia pun translate omongan Kakki dan Tosshi juga ke english. Sampai si Tosshi bercandain, “Kalau ngomongnya full english, yang ada, si MC, kalian, dan Kakihara ngerti kecuali gw!” Dan semuanya langsung terbahak.

Sejak Stage, mereka berdua selalu bilang, kalau mereka salut sama yang dateng, karena mereka bisa begitu ngerti bahasa jepang. Well, gimana ngga ngerti kalau sub di fandom Seiyuu tuh semacam suatu keajaiban. Hahaha.

Okay, seperti Stage tadi, gw kasih kesimpulan obrolan mereka berdua seinget gw aja ya (yang kemungkinan ngga berurutan):

  1. Awalnya, mengenalkan mengenai history of B-Project. Kebetulan, layarnya ada di samping kiri dan kanan mereka. Saking ngga keliatan sama si layar ini, si Tosshi bangun dari kursi demi ngeliat apa yang ketulis di layar lol.
  2. Kakki cerita, kalau pas masuk ke tempat M&G dia ngantuk banget. Trus pada teriak semacam “Okiteee!”. Tapi kata Kakki, ada yang teriak “Oyasuminasai!” juga lol. Kakki bercanda, semacam “Bawain gw beer biar gw bangun!” WOY!
  3. Mic si MC sempet agak bermasalah. Dan si Tosshi sempet bangun dari kursi sempet ngebenerin Mic si MC lol
  4. Kakki sempet berusaha netesin matanya. Trus nyariin tisu. Sampai heboh “Ada yang punya tisu?” Tapi Tosshi dengan inisiatifnya sendiri, ngerobek kertas di sketch book yang dia pegang buat ngelap air mata Kakki yang netes lol.
  5. Pas si MC tanya, “Apa kejadian yang paling happening selama kalian jadi Seiyuu?”, si Kakki jawab dengan jawaban normal “Gw sih, yah, bisa kerja jadi Seiyuu terus sampai dateng ke event di luar negeri gini sugoi banget” (kurang lebih gitu lah ngomongnya). Tosshi dong “Lo pernah ngga bulu idung lo keluar trus ngelambai-lambai pengen dicabut? Nah pernah pas afureko, orang yang lain pada fokus recording, gw pas lagi ngga giliran gw, malah fokus nyabutin bulu idung gw.” SERIUSAN DEH INI MANUSIA :)) :)) Dan obrolan berikutnya sesungguhnya ngga jauh-jauh dari bulu idung. (PS: kalau apa yg gw tangkep maksudnya beda dengan seharusnya, maafkanlah. Maklum, belum master japanese lol)
  6. Trus mereka diajak main game menggambar. Pertanyaan pertama, hewan yang jadi icon singapore apa. Mereka awalnya kebingungan dan kita-kita semua berusaha kasih hint. Pas awal game, Tosshi sempet heboh soal halaman sketch book dia yang robek duluan gara-gara disobek buat Kakki tadi lol. Akhirnya, game dimulai. Ada yang countdown beberapa detik. Awalnya si Tosshi udah selesai gambar, tapi karena dia salah, dia ngulang gambar lagi di baliknya. Pas akhirnya selesai, Kakki malah gambar Merlion bukan lion. Si Tosshi tadinya juga mau gambar Merlion, tapi karena dia ngerasa bukan itu, dia gambar ulang singa, plus dengan bulu hidungnya XD. Tosshi menang!
  7. Game kedua, masih menggambar. Makanan khas singapore, hainan xxx rice. Jawaban yang benernya chicken/ayam. Tosshi gambar ayam dengan baik dan benar dengan bulu hidungnya, dan Kakki… sudahlah. (Tapi tenang, kalau dibandingin sama gambarnya Egu, masih jauh lebih baik gambar Kakki kok). Dan lagi-lagi Kakki kalah. Tosshi menang dan dapat hadiah selai srikaya.
  8. Karena Kakki kalah, dia disuruh baca serifu dengan karakter ala Momotarou. Tosshi sampai kyun sama serifu si Kakki. Tapi fans juga mau dengar si Tosshi baca serifu ala Gocchin. Awalnya dia protes karena dia udah menang dan udah dapat selai srikaya, tapi akhirnya dia mau juga. Hyuu hyuu~
  9. Selanjutnya, game jankenpon ramai-ramai bersama dengan para fans yang ikut M&G. Yang bisa menang dapat autograph Kakki dan Tosshi. Yah, gw kalah sih. Yaudahlah ya.
  10. Terakhir, pembagian Merch. Satu hal yang kita ngga nyangka, bahwa yang bakal nyerahin Merch tersebut ngga lain dan ngga bukan adalah mereka berdua sendiri. KYAAAAA! Yang bagian ngasih totebagnya si Kakki, Poster dan Clearfilenya Tosshi. Anjir, gw berhadapan langsung sama mereka berdua ngga bisa berkata-kata banyak selain Arigatou Gozaimasu >___< Sayang sih ngga boleh handshake ato nyentuh tangannya huhuhu. Berikut penampakan Merchnya (walaupun clearfilenya sebenernya gw tukeran ama Muti, karena yang gw dapet ada Gocchinnya dan gw tukeran sama yang isinya Kitakore sama MoonS lol):

Akhirnya, selesailah perjumpaan kita berdua dengan Kakki dan Tosshi hari itu. Kesimpulan yang bisa gw dapet adalah, sumpah, mereka berdua kocaknya ngga ketulungan. Seharian gw kerjaannya kayaknya ketawa melulu, mereka terlalu kocak. Perpaduan dua orang geblek macem begitu sumpah, mengocok perut gw teramat sangat dalam. Ngga nyesel deh bela-belain ke AFASG demi ketemu mereka. Gila deh gila lawak abis berdua.

Asli, makasih banget buat Kakki dan Tosshi yang udah mau dateng ke SG. Ya allah, makasih banget ngedatengin mereka. Ngga nyesel ngeluarin duit lumayan demi mereka. Semoga kita berdua bisa ketemu mereka dan seiyuu-seiyuu lainnya di lain waktu.

Dan semoga tahun 2018 ada seiyuu bagus lagi yang dateng. Amin. (Inside: datangkanlah Eguchi Takuya plis. LOL)

Panjang yah. Hahaha.

Sekian cerita tentang AFASG dan pertemuan kita berdua dengan Kakki dan Tosshi. See you!

tbc.


PS:
Repost from my wordpress blog here.

You May Also Like

0 comments