First Abroad Trip: Singapore ~Part 5~

by - December 17, 2018

Seperti hari kedua, rencana jalan pagi, lagi-lagi molor. Kita berdua baru bangun jam 6.20-an, nyaris jam setengah 7. Itupun kalau gw ngga dibangunin Muti, gw rasa gw masih molor lol. Untuk hari ini, karena hari terakhir dan penerbangan baliknya jam 8.30 malam, of course sebelum beranjak dari hostel, kita musti ngeberesin packing-an dan check out sehabis sarapan. Jadilah sehabis bangun, langsung subuhan, mandi, ngeberesin semua barang, memastikan ngga ada yang ketinggalan di kamar.

FYI, dikarenakan hari kedua gw kalap mampus beli coklat, koper gw yang tadinya longgar banyak, jadi padat gara-gara kebanyakan coklat ^ ^a. Garrett aja gw milih buat ditenteng daripada dimasukin koper saking udah padatnya.

Kelar mandi, berberes, memastikan tidak ada satupun barang kita yang tertinggal, kitapun beranjak keluar kamar sambil menyeret koper. Turun ke lantai bawah, kita sarapan dahulu sebelum check out dan pergi. Sehabis check out pun, kita bertanya pada resepsionis apakah bisa titip koper, ternyata memang bisa dan koper kita ditaruh di tengah dekat tempat sarapan.

Oke, saatnya berangkat!

Berhubung dari hari pertama masih belum kesampaian untuk ke Merlion Park, dan kalau tidak pergi ke Merlion Park namanya kayak nggak ke Singapore, jadilah kita langsung cus ke Merlion Park. Seperti biasa, kita naik bus menuju Merlion Park.

Di tengah perjalanan, Muti bilang kita berhenti di halte dekat National Gallery aja, dari sana bisa jalan kaki ke Merlion Park. Kebetulan saat kemarin naik bus ke Vivo City saat mau ke Sentosa, kita ngelewatin National Gallery Singapore dan kepengen foto-foto di depannya.

Oke, turun di halte, kebetulan di dekat National Gallery Singapore ada sebuah gedung nuansa eropa bernama Victoria Theatre Singapore. Nah, numpang foto dulu sebelum jalan ke dekat National Gallery.

Puas foto-foto di depan Victoria Theatre, kita pun akhirnya berjalan ke dekat National Gallery Singapore dan numpang foto-foto di dekat gedung tersebut.

Dari National Gallery, kita berjalan melewati Jembatan dekat Fullerton, dan lagi-lagi, foto-foto!

P_20171126_085841_vHDR_Auto P_20171126_085900_vHDR_Auto P_20171126_090010_vHDR_Auto

Puas foto-foto di jembatan, akhirnya kita jalan menuju Merlion Park. Walau sebelum nyebrang ke Merlion, numpang foto di jembatan dekat Esplanade dan foto di depan Fullerton juga sih.

P_20171126_091455_vHDR_Auto P_20171126_091655_vHDR_Auto

Puas foto dimari, kita langsung ke tujuan utama, Merlion Park!

Sumpah ya, nyampe Merlion Park, rame banget isi orang-orang yang berebutan foto dekat si singa mancur ini. Gw ama Muti aja, mau foto kek musti berhadapan dengan wisatawan cina yang berulang kali take foto. Ngedapetin foto dengan angle pas tanpa orang sekitar keliatan di foto itu susahnya minta ampun banget dah. Dan alhamdulillah, berhasil dapet foto yang anglenya pas, thanks to Muti!

Berhubung ramenya naujubillahi min dzalik, dan udah mulai panas, dan AFASG seperti sudah buka, yaudah kita menyudahi perjalanan kita di Merlion Park dan pergi menuju Suntec City, dimana AFASG diadakan, menggunakan bus dari halte dekat Fullerton.

Tadinya, sampai Suntec City, kita mau makan dulu karena dipastikan urusan AFASG pasti baru kelar jam 3-4 sore. Tapi berhubung pas kita datang masih jam 09.30, mall belum buka dan tempat makan belum buka, jadilah kita langsung ke tempat dimana AFASG diadakan.

Untuk cerita selama AFASG termasuk pertemuan kita berdua dengan Kakihara Tetsuya dan Toyonaga Toshiyuki, bakal gw ceritain terpisah aja ya ^-* Check it out!

Selesai AFASG, yang pertama dicari? Makan! Iya, laper cuy. By the way di Suntec City ini, kalau di directorynya, tempat makannya dikasih tau mana-mana aja yang ada halal certificatenya. Berhubung kemarin sempat searching tempat makan halal dan murah di Singapore, dan menemukan tempat makan bernama Encik Tan, jadilah kita memilih untuk makan siang disana. Untuk sepaket Wanton Noodle Set dan Ice Lemon Tea, hanya $7 saja saudara-saudara! LOL.

Sehabis makan siang, kita langsung jalan dulu ke Giant, beli minum. Jadi, tadi sebelum pergi dari hostel, gw lupa isi air minum jadi bener-bener bawa minum pas-pasan. Mau tau merek air mineral yang gw beli? Ngga di Indonesia, ngga di luar, tetep aja, Aqua! Aqua di sini harganya S0,75, dua kali lipat daripada di Indonesia, ofc. Tapi di Giant itungannya lebih murah, karena kalau di sevel, seinget gw kalau ngga sekitar 1,5, harganya 2,95. Mahal banget kan?

Udah kelar dengan segala urusan di Suntec City, tanpa babibu, kita langsung balik lagi ke hostel untuk ambil koper. Tadinya mau naik bus ke hostel, tapi karena stasiun MRT ada di depan mata, jadinya kita memilih buat naik MRT sampai stasiun dekat Beach Rd.

Setelah jalan keluar dari Stasiun dekat Beach Rd, kita mikir mau sholat dimana, berhubung kita udah check out dari hostel. Saat itulah, pas di maps kita nemu satu Masjid bernama Masjid Hajjah Fatimah. Habis sholat, kita langsung jalan menuju hostel.

Sebelum pesan uber untuk ke Bandara, ada satu kegalauan. Bagasi. Berhubung kita ngga pakai bagasi dan bagasi kabin kita cuma dijatahin 7kg, sementara kemarin kalap belanja, gw udah ngerasa koper gw pasti beratnya lebih dari 7kg. Kita sempat searching soal bagasi, dan sepakat gimana kalau kita nambah bagasi aja, satu orang bagi dua. Pas mau pesan, eh, udah ngelewatin limit terakhir nambah bagasi. (Maksimal 3 jam sebelum jam keberangkatan). Cuma lewat 5 menit padahal ;;___;;. Yaudah kita berdua pasrah, semoga ngga ketauan.

Naik uber sampai Changi Airport cuma sekitar 15-20 menit nyampe. Di bandara, sehabis check in melalui mesin check in yang ada di bandara, gw memilih buat ngerapiin koper. Karena sebenarnya masih kenyang tapi masih ada waktu sebelum masuk boarding room, kita milih buat ngemil bentar di KFC. Sehabis ngemil bentar, kita masuk ke dalam, ngelewatin imigrasi. Begonya, potongan formulir arrival yang tadinya gw selipin di paspor gw keluarin, pas di imigrasi gw baru inget itu bakalan dikasih. Ditanya lah sama orang imigrasi potongan arrivalnya mana, gw cuma bisa bilang “Wait, wait” sambil ngambil dari dalam tas.

Kelar imigrasi, mau tau apa yang gw rasain? Mules. Njir, buat boker di SG itu sungguh merepotkan, karena ngga ada pancuran air. Mau ngga mau, gw nyari wc yang ada selang airnya, which is, wc jongkok. Sumpah, ngga enak banget, soalnya airnya kek jadi nyalain keran pake selang, bikin airnya belarakan kemana-mana.

Kelar dari toilet, muter bentar di duty free, akhirnya masuk juga ke Boarding room, dan ngga lama, masuk ke pesawat. Pas ngangkat koper gw keatas, anjir berat haha. Untuk Flight Attendantnya ngga tau ya hahaha. Sebenernya pas iseng ngecek berat di Changi tadi, koper gw itu ada 10 kg loh. HAHAHAHA.

Sepanjang flight, gw yang tadinya pengen tidur ga jadi tidur karena ngga ngantuk. Karena Muti tidur, gw memilih buat ngelist pengeluaran gw. Yah, gw ada beberapa kecolongan sih belanja sesuatu yang sebenernya ngga perlu hahaha.

Nyampe Jakarta dengan selamat pada akhirnya, karena sudah tidak ada Damri, jadi memilih buat naik Taksi sampai rumah deh. Btw, taksinya ngebut banget ckckck.

Okay, selesai lah perjalanan kita berdua selama tiga hari di Singapore. Dari itinerary yang kita buat, banyak tempat yang nggak jadi kita datengin, wahana yang ngga jadi kita naikin, karena kendala waktu dan juga cuaca buruk.

Btw, seri ini masih belum berakhir, karena gw masih punya utang buat nyeritain soal AFASG plus konklusi dari Trip singkat ini. Termasuk budgeting gw buat Singapore Trip ini.

Oke, ditunggu aja ya. See you!

tbc.

PS:
Reposted from my wordpress blog here.