First Abroad Trip: Singapore ~Part 4~

by - December 16, 2018

Mari kita lanjutkan lagi.

Hari kedua. Rencana awal, Muti bilang, kita mulai jalan di hari kedua dari jam 6 pagi. Realita? Jam 6 lebih baru bangun lol.

Seperti yang gw bilang di post sebelumnya, karena kamarnya konsepnya dorm (dengan bunk-bed) dan satu kamar cuma berdua doang, gw mematikan semua alarm gw yang lapisannya kalau weekday bisa sampe 7 (seriously, subuh 3x, bangun kerja 4x, dan gw masih susah bangun lol), dan mengandalkan Muti buat ngebangunin gw subuh. Realitanya, si Muti pun bolak balik kayak (cerita dia sih ya) “Jam 4 kebangun, ah masih jam 4 tidur lagi,” dan begitu selanjutnya, sampai tau-tau gw kebangun sendiri jam 6 lebih sekian dan Muti ngga lama juga bangun jam 6 lebih sekian lol.

FYI, timezone di SG tuh ibarat Jakarta rasa Denpasar. Jamnya maju 1 jam dibandingin Jakarta, tapi sebenernya kalau urusan jam sholatnya ngga jauh beda sama di Jakarta. Ibarat subuh jam 5 di jakarta, ya di singapore jam 6 baru subuh. Begitu deh.

Abis sholat subuh, mandi (yang pastinya nunggu kamar mandi kosong dulu, maklum, sharing bathroom), sarapan roti yang disediain pihak hostel, dan kita baru berangkat jam 8 pagi saudara-saudara! LOL.

Tadinya, rencana awal kita hari kedua mau ke Singapore Botanical Garden, baru habis itu ke Sentosa Resort. Tapi, berhubung kita berangkat kesiangan, kalau ke SG Botanical Garden pasti taking time lama karena jalan muter-muter si garden, sementara sorenya mau belanja di Bugis Street, jadilah kita membatalkan rencana ke Singapore Botanical Garden dan langsung cus ke Sentosa.

Seperti biasa, kita ke Sentosa naik bus sampai Vivo City. Di Vivo City inilah, ada LRT yang nyambungin ke Sentosa. Somehow, entah sebenernya bisa apa ngga pake EZ Link, kita beli tiket LRT seharga $4 buat satu hari naik LRT selama di Sentosa. Tiketnya tuh kek dicetak di kertas biasa, tapi ternyata bisa buat di tap di mesin entrancenya. Anjir buset dah, ngga nyangka.

Ngga lama, si LRT pun datang. LRT ini lebih pendek daripada MRT, dan kita bisa ngeliat bagaimana si LRT ini ngelewatin lautan menuju Sentosa Island.

P_20171125_091756_vHDR_Auto

Setelah sampai di Sentosa, kita langsung turun di Stasiun pertama, Waterfront Station. Di Stasiun ini, tempat dimana Universal Studio Singapore berada loh!

P_20171125_093439_vHDR_Auto

Berhubung depan globenya USS lagi ramai orang foto, jadinya lurus dulu deh menuju yang namana Waterfront, dan kita bisa liat semacam lautan dan langit yang biru banget. Uwaaah.

Duduk-duduk bentar foto-foto, akhirnya jalan ke depan globe USS. Cuma buat foto aja, sumpah susah banget. Ngincer spotnya musti nunggu gantian, belum lagi nunggu sampai globenya muter biar keliatan tulisan Universalnya. Setelah perjuangan nungguin orang foto, nungguin sepi, akhirnya berhasil juga foto di depannya.

1511789627140

(PS: dapet agak sepi aja udah syukur. lol)

Berhubung kita memang ngga berencana masuk ke Universal Studio (Masuk USS butuh satu hari full men, kalau kita masuk, yang lain bisa ga kedapetan. Hahaha), kita memilih ke storenya Garrett di deketnya USS. Berhubung ada teman nitip sekalian, yaudah beli. Tadinya gw cuma mau beliin teman, tapi kok gara-gara si Muti minta tester Dark Chocolate Caramel, gw jadi pengen beli lol. Dan akhirnya beliin juga buat orang rumah, berhubung sepupu sama ponakan gw pada ngga demen coklat.

Abis dari Garrett, nemenin muti masuk storenya Hersheys. Tadinya ngga pengen beli, terus jadi ikutan beli gara-gara ada promo buy 2 free 1 seharga $30. Yang abis masuk Bugis Street agak disesali karena sebenernya itu mahal banget lol. Yaudah lah, berhubung di Bugis ngga nemu yang coklat, adanya yang cookies n cream doang, ngga nyesel-nyesel amat lah.

Puas di area USS dan Waterfront, kita mutusin jalan lagi sampai atas (stasiun terakhir, Sentosa Beach). Pas ngelewatin Imbiah Station (Sebelumnya Sentosa Beach), sempat ngeliat KFC dan berpikir “Kita makan siang di KFC aja gimana?” LOL.

Nyampe di Sentosa Beach, kita masuk bentar ke area Pantainya. Pantainya kayak Ancol, dengan pesisir pendek dan di kejauhan keliatan banyak kapal-kapal gitu, tapi pasirnya lebih putih dan air lautnya lebih biru daripada di Ancol. Okay, take a pics!

1511789620539

Abis dari pantai, kita rada kepo sama Skyline. Awalnya agak ragu sih mau naik, abisnya kemaren aja di Cloud Forest ketakutannya udah kayak apaan tau. Tapi, kepo. Yaudah, kita akhirnya memutuskan nyoba naik yang cuma One-way sampai Imbiah Station, karena sekalian mau makan di area Imbiah Station.

1511789615519

Kalau boleh jujur, gw naik gini berulang kali teriak “Kowa! Kowa!” LOL. Tapi pas gw ngebenerin duduk gw, mindah tas gw ke samping, ngeliat bawah, gw ngga takut-takut banget. Sebenernya ada permainan outdoor lain yang seru buat dimainin disini, tapi kapan-kapan aja deh.

Sampai Imbiah, awalnya bingung nyari lokasi si Imbiah Station dimana, KFC sebelah mana sampe rada nyasar. Dan akhirnya sehabis nanya, ketemu juga jalannya. Dan akhirnya, kita makan siang dulu! KFC! Nasi! YAY!

Menu KFC di SG of course beda banget sama di Indonesia. Dan inilah yang gw pesen kala itu:

P_20171125_115859_vHDR_Auto

Semacam bento dengan ayam dan jamur dan nasih dibawahnya plus Cheese Fries. Dan gw melakukan kesalahan dengan maruk pesan dua makanan ini, karena gw nggak sanggup ngabisinnya =)). Itu bento isinya banyak banget men, nasinya banyak banget sampe gw nggak bisa ngabisin, ditambah pula beli kentang. Anjir, cari mati. Hahaha.

Kelar makan, iseng foto di depan Merlion Sentosa sebelum balik. Males mikirin pose yang gitu-gitu aja, gw pun nyeletuk “Mut, fotoin gw loncat dong.” Of course, moto orang loncat itu butuh effort hahaha. Dan ini foto loncat favorit gw.

1511789569818

(Sayangnya, di belakangnya ada orang lol)

Puas dengan Sentosa, akhirnya kita naik LRT balik ke Vivo City.

Berhubung Vivo City ini mall, gw sekalian mau nyariin titipan temen gw. Dan menemukan Watson dong. Satu titipan ketemu, satu lagi ngga nemu. Pas mau bayar, sempet ada yang nawar-nawarin barang tapi karena dilihat muka gw ras melayu begini, diajak ngomong Melayu. Lama-lama roaming boo hahaha.

Puas muter Vivo City, karena bawaan kita banyak, akhirnya kita pun memutuskan buat ke hostel dulu naruh barang baru jalan lagi ke Bugis Street.

Naik bus, enak banget rasanya duduk hahaha.

Sampai hostel, taruh barang, ngerapihin dikit, misahin barang punya gw dan Muti, sholat dhuhur-ashar nyambi ngolesin kaki pakai counterpain, dan setelah puas istirahat bentar, kita pun jalan ke Bugis Street.

Sebenernya tuh ya, Bugis Street itu dekat sama hostel. Kalau jalan kaki, mungkin cuma sekitar 10 menit. Tapi, saking kaki sudah terlalu lelah melangkah, kita mutusin naik Bus aja walaupun rada muter. Naik bus, kita turun di dekat Bugis Street. Awal masuk sih, pemandangannya orang jualan baju sama tas. Fokus gw nyari tempelan kulkas titipan kakak sepupu gw, sama coklat buat oleh-oleh.

Daaaan, gw kalap coklat dong ya. Especially ketika gw menemukan Ritter Sport Dark Chocolate 73% kesukaan gw, dijual 4 buah seharga $10. Tanpa babibu, langsung ambil! Ambil teh tarik dua bungkus gede, dua buah seharga $10. Keluar toko itu, di toko sebelahnya iseng beli coklat meiji total $7. Trus nyariin toblerone kecil-kecil yang dark ngga nemu-nemu, akhirnya beli yang coklat biasa. Tadinya kepengen beli ransel $10 ama boneka kecil, tapi ngga jadi. Keluar Bugis Street, ternyata di belakang ada semacam minimarket murah, beli lagi dua coklat total $2.95. Seriously, total gw ngabisin duit buat beli coklat selama di SG (include si Hershey) mungkin bisa sampe $60-70. Sempet nyesek sih liat Hershey yang gw beli tadi, di Bugis Street cuma $10 dua buah huhu.

Abis dari Bugis Street, pergi bentar ke Bugis Junction karena Muti kepengen liat Charles and Keith. Karena kaki gw sudah terlalu sakit, kita mutusin istirahat bentar di McD, beli es krim. Muti kepo sama Es Krim Cendol, yang ternyata buy 1 get 1. Karena gw ngga mau, Es Krim yang satunya lagi dianggurin, mikir ada yang bisa dikasi apa ngga. Trus kayak ada orang jualan tisu $1, karena kita sudah mulai kere, Muti milih nawarin es krim lebihan dia ke orang itu, dan dia mau hahaha.

Abis istirahat, pergilah kita ke Charles & Keith di Bugis Junction, yang berakhir Muti ngga beli apa-apa. Gw ama Muti mutusin balik ke Bugis Street buat nyariin jajanan asin, buat nyokap bokap gw yang lagi di Jakarta. Akhirnya belilah Pistachio dan Salty Sunflower total $8, trus memilih pulang karena sudah terlalu lelah. Sebenarnya tuh, rencana awal abis dari Bugis Street mau ke Chinatown. Yang sayangnya, kembali dibatalkan karena:

1. Capek
  2. Hujan
  3. Udah gelap

Tadinya kita kepikiran mau naik bus, tapi karena kalau naik bus kita juga musti jalan lumayan, jadi akhirnya kita milih nekat jalan kaki sampai hostel. 10 menit jalan kalau berdua sih, ngga kerasa-kerasa amat kan.

Sempat ngelewatin Restoran Zam Zam dan kepikiran masih kepengen nyoba makan Nasi Biryani, tapi ngga jadi karena udah kelewat capek dan nggak laper. Nyampe hostel pun udah nggak pengen keluar lagi. Jadilah hari kedua, kita sama-sama ngga makan malam lol. Abis gw nontonin Juuyou Sankounin Tantei ep 6, akhirnya gw pun tidur. Dikarenakan besok mau bangun pagi, pergi ke Merlion Park. Belum kesampean sih hahaha.

Dan besoknya itu adalah hari dimana Kakki dan Tosshi datang! YAY!

tbc.

PS:
Reposted from my wordpress blog here.