First Abroad Trip: Singapore ~Part 3~

by - December 16, 2018

Oke, mari kita lanjutkan.

Dari halte bus, hujan langsung turun deras. Naik bus, gw rada katrok saking buru-burunya, jadi salah nempelin kartunya. Harusnya nempelin di tempat kartu, malah nempelin di layar. Ampe dijutekin sama supirnya, buset dah.

Naik bus di SG itu, ngga ada pemberitahuan kalau kita bakal nyampe halte mana kayak di Indonesia. Jadi, kita musti pantau halte yang kita tuju ada dimana, setelah halte apa aja. Dan busnya tuh ngga berhenti di setiap halte. Kalau di halte ngga ada yang lambai-lambai tangan atau di dalam bus ngga ada yang mencet tombol buat berhenti, ya ngga bakal berhenti. Kalau ngga dipantau, ya bisa kelewatan. Asli, mending naik busway di Jakarta deh. =__=. Mana kadang supirnya rada jutek-jutek. Kalo triknya si Muti, dia mantau via GoogleMaps, kita harus mencet tombol setelah ngelewatin halte apa buat berhenti.

Berhubung kita mau ke Gardens by, kita musti naik bus dua kali. Berhenti di Raffles Place (yang sayangnya lagi renov, padahal kalo kata muti kalo ngga renov tuh bagus buat foto). Dari halte turun, kita harus nyebrang ke halte yang ada di sebelahnya Raffles Place persis. Dan you know? Hujan badai bruh. Saking nekatnya, kita nerjang itu hujan sampe dari celana ampe sepatu basah kuyup semua. Dari kita naik Bus di halte seberang Hostel, sampe halte deket Raffles, entah kenapa ketemu mulu sama encik-encik yang sekamar sama kita di hostel. Padahal mah busnya beda. Walaupun pas di Raffles, dia ngga lanjut naik bus sih.

Naik bus lagi, sampai akhirnya kita turun di halte Marina Bay Sands. Dengan hujan yang sebenernya masih turun, kita berusaha nyari jalan buat ke Gardens By, yang menurut Muti bisa ngelewatin si MBS karena posisinya Gardens By ada di belakang MBS. Akhirnya nemu tuh, naik lift ke atas, trus kayak masuk ngelewatin jalan (yang mana banyak orang neduh, kita mah lanjut aja walaupun masih ujan). Jalan, bingung kalau mau ke Flower Dome lewat mana, yaudah woles terus. Trus tuh, pas masuk Gardens By, ada cewe yang minta ditemenin ngelewatin jembatan karena dia takut ketinggian. (Padahal mah jembatannya nggak tinggi-tinggi amat loh hahaha). Saking takutnya, gw ama muti nemenin dia, ngapit dia yang saking takutnya sampe minta pegangan ama tangan gw lol. Sampe lewatin jembatan, akhirnya dia misah. Sempet tanya dia dari mana, katanya dia aslinya orang Taiwan tapi besar di Aussie.
Akhirnya kita jalan lurus, yang sebenernya bingung beli tiketnya dimana tapi yaudah lurus aja, sampe akhirnya sampai juga ke Flower Dome ama Cloud Forest! Beli tiket buat dua konsevatori, harganya $28. Awalnya bingung mau masuk mana duluan, akhirnya kita milih masuk Flower Dome duluan.

Abis masuk, foto-fotoooo!!

P_20171124_173025_vHDR_Auto P_20171124_173306_vHDR_Auto P_20171124_173325_vHDR_Auto
(PS: Boneka ini milik Muti. Gw hanya minjem buat model gw sepanjang di SG, karena sesungguhnya gw ngga modal lol) (Belom nemu boneka lucu buat model sih tepatnya)

1511767638836 1511767679246 1511767716231
Me and Flower Dome 🙂

Dan btw, Singapore Flyer juga keliatan dari dalam Flower Dome loh!

1511768118556

Kelar muter-muter Flower Dome sampe puas, akhirnya kita menuju konsevatori satunya lagi, Cloud Forest!

P_20171124_185944_vHDR_Auto

Kita masuk Cloud Forest udah dalam keadaan langit gelap, sekitar jam 7 yang mana jam 7 disana tuh baru Maghrib, dan disambut air terjun, dan sumpah, udaranya langsung dingin banget. Gw aja menggigil buset dah.

Abis foto-foto deket air terjun, jalan-jalan lagi. Masuk ke dalam lagi, foto-foto dikit. Sebelum mutusin naik ke atas, si Muti ngajak duduk bentar sambil ngabisin sisa French Fries McD yang dia bawa tadi. Katanya, ganjel perut. Yowis, mamam bentar, kita jalan ke atas deh. Naik lift.

P_20171124_190530_vHDR_Auto

Ngeliat foto itu, ngeliat kan ada kayak jembatan diatas? Kita sok berani, pake acara ngomongin si mba-mba yang tadi naik jembatan ketakutan, eh pas ngelewatin jembatan itu, kita kek gemeteran. Asli, tinggi banget boo. Gw jadi semacam bisa ngebayangin gimana perasaan seorang Nikaido Takashi ato Yamada Ryosuke ato Sakurai Sho yang sebenernya takut ketinggian tapi kepaksa digantung diatas Tokyo Dome ato Yokoari ato Kokuritsu pas konser lol. Asli, gw ga kuat sama tingginya. Sambil jalan ketakutan, akhirnya berhasil juga kita ngelewatin itu jembatan. Ngga sampe situ aja, ada lagi jembatan lagi dibawa yang lebih cetek, tapi alhamdulillah ga setakut yang itu sih.

Gara-gara naik jembatan itu, si Muti yang tadinya kepengen nyoba naik OCBC Skyway, milih buat ga jadi naik. Naik begini aja udah takut, gimana OCBC Skyway :))

Puas muterin Cloud Forest, akhirnya kita keluar. Seharusnya di jam keluar, illuminationnya udah mulai, tapi kok kek ga ada nemu. Lampu-lampunya sempet ada yang nyala sih, tapi ngga ada kek kelap kelip kayak kata orang.

P_20171124_202200_vHDR_Auto

Duduk sebentar di deket tree yang ini (tapi bukan yang ini sih yang kelap kelip) sambil ngeliat MBS dari kejauhan, yang tau-tau entah kenapa jadi ngomongin Takizawa Kabuki yang katanya dulu di MBS (gw mah ngga ikutan dateng, wong lagi away dari JE lol). Akhirnya, kita mutusin keluar dari Gardens By. Tadinya sih, abis dari Gardens By mau ke Singapore Flyer. Tapi berhubung kaki sudah sakit dan lelah, dan ke Singapore Flyer kalo naik bus ato MRT ribet, naik uber males ngeluarin duitnya, perut pun sudah lapar, akhirnya keluarlah satu kata.

“Balik aja yuk, nyari makan. Laper. Mau nasi.”

Pas lagi naik tangga menuju jembatan MBS, kita menemukan orang-orang lagi rame, dan akhirnya mengerti dimana bisa ngeliat illumination paradenya.

P_20171124_204706_vHDR_Auto

Pulang, kita naik MRT dari MBS ke Bugis. Sampai Bugis, kita langsung menuju Kampong Glam deket Masjid Sultan, dimana disana banyak makanan halal. Agak hujan sih, pas kita sampai di satu tempat makan bernama Kampong Glam Cafe, yang asli rame banget, kita disuruh naik ke atas karena dibawah penuh dan kalo dibagian luar basah dan masih agak gerimis. Menunya lumayan banyak dan harganya termasuk murah, sekitar 4-6 dollar per makanannya. Gw pesan semacam Nasi Paprik Seafood dan Es Teh Tarik, dan sumpah, satu porsinya banyak banget. Kekenyangan, sumpah.

Abis makan, tadinya mau numpang sholat di Masjid Sultan. Tapi ternyata kalau malam, masjidnya ditutup buat umum 😦 Yaudah deh, akhirnya kita memilih pulang, balik ke Hostel.

Sampai di hostel, gw udah terlalu lelah sampai malas mandi. Yaudah, abis sikat gigi, sholat, tidur. Sebener-benernya, gw tuh tipe yang alarmnya berlapis-lapis saking gw susah bangun. Tapi saking gw ga enaknya karena kita sekamar bukan cuma berdua, akhirnya alarm gw matiin semua dan gw mengandalkan Muti buat ngebangunin gw subuh lol.

Oke, kisah hari pertama selesai, saudara-saudara!

Sampai jumpa di kisah hari kedua!

tbc.

PS:

Reposted from my wordpress blog here.