First Abroad Trip: Singapore ~Part 2~

by - December 16, 2018

Beberapa hari mendekati trip, kerja tuh antara banyak yang dikerjain tapi udah kepengen liburan. Apalagi H-1, rasanya udah males banget ngerjain. Uang udah ditukerin dari hari Sabtu. Tadinya disaranin ke Dolarindo di Kelapa Gading, karena dulu temen nuker disana dan murah. Tapi searching-searching, nemu lagi yang sejenis di ITC Cempaka Mas. Kebetulan, sekalian nuker duit ke yen karena mau nitip sesuatu ke temen yang mau ke Jepang akhir minggu itu juga. 

Gw berangkat tanggal 24 November 2017, hari Jum’at, dengan pesawat Jetstar, penerbangan jam 09.15. Gw berangkat dari rumah sekitar jam 05.45, mengejar Damri di Rawamangun yang berangkat jam 06.00. Nyampe Rawamangun juga sumpah, girigiri abis. Ngga lama setelah gw masuk ke Bus Damri, langsung berangkat. Tadinya sempat kepikir mau tidur sampai Soetta, tapi ternyata ngga bisa haha. Dan berakhir nontonin Kisumai di dalam Bus lol. 

Sampai di Soetta kurang lebih jam 7 pas, entah kenapa Damrinya ngga berhenti di 2D ato 2E tapi langsung ke 2F. Jalan deh ke 2D, untuk ngga jauh-jauh amat lol. Pas abis ngeline nyari Muti dimana, eh nggak lama ketemu hahaha. 

Karena masih ada lumayan waktu, gw nawarin Muti gimana kalau kita makan dulu. Dalam pemikiran gw, kalau makan di SG pasti costnya lebih banyak daripada makan di Indo lol. Dan, nyampe SG pasti udah siang, yang bisa bisa kelaperan sampe siang hahaha. Then karena di depan mata ada Hokben yang udah buka, yaudah sarapan pake Hokben. Yang sayangnya ngga habis karena kekenyangan hahaha. Pake acara baju kecipratan saos pula lol. Baru juga mau berangkat. 

Selesai makan, jam 7.30, langsung cus ke dalam buat Check-in. Pas check-in sempet ditanya kopernya masuk cabin ato bagasi, karena bilang masuk cabin, si petugasnya minta kopernya dibuka dan mastiin kalau ngga ada baterai. Katanya, kalau ada baterainya ngga boleh masuk bagasi. Gw cuma ngga enak aja soalnya pakaian dalam gw di dalam koper di bagian atas lol. 

Abis di cek, ke counter check-in, dan si mbaknya sempet ngasih tau paspornya udah mau abis trus abis ini disuruh perpanjang, soalnya SG minimal 6 bulan sebelum abis baru baru masuk. Well, paspor gw giri-giri sih, 6 bulan lebih dua minggu loool. 

Check-in oke, lanjut ke bagian imigrasi. Karena imigrasi untuk paspor Indonesia antriannya panjang, kita disuruh ke bagian Foreigner. Pas bagian imigrasi, mungkin karena paspor gw kosong, dia rada nanya-nanya kayak, “Ke Singapore berapa hari?” “Udah ada tiket baliknya?” “Sama rombongan?” dan gw jawab, tuh sama dia, sambil nunjuk Muti yang udah lolos imigrasi duluan dan nunggu di deket keluar counter imigrasi. Eh, dia nanya lagi, “Berapa hari di Singapore?” Buset dah, kenapa nanyanya diulang-ulang dah, kek ngga percayaan aja. 

Setelah akhirnya di cap, lanjut ke ruang boarding! Sebelum masuk ruang boarding, kita duduk dulu sambil sedikit ngebongkar koper, masukin barang yang ngga perlu-perlu amat dan masukin kaos kaki karena gw males pake (in Muti case, masukin barang yang belum sempet dia masukin ke koper). Ngabisin minuman gw, karena ngga boleh bawa cairan diatas 100 ml, then abis kelar semua, kita bergegas ke Boarding Room! Nyampe boarding room, pas di cek, petugasnya nawarin kopernya mau dimasukin bagasi apa ngga karena kabin penuh, dan pas kita tanya bayar apa ngga, ternyata gratis, why not? 

Abis koper dikumpulin buat masuk bagasi (then, blade kirafes akhirnya gw keluarin karena termasuk golongan yang ada baterenya dan gw masukin ke tas ransel gw), duduk bentar, akhirnya dipanggil buat masuk pesawat deh. Gw sama muti tukeran tempat duduk, karena gw lebih seneng deket jendela. 

Kalau boleh jujur, gw itu tipe manusia yang pendiam kalau sama orang yang ngga deket-deket amat tapi bisa ngomong trus sama orang yang lumayan deket dan nyambung topiknya. Sepanjang di pesawat, pas awal-awal, gw lumayan kerjaannya ngobrol melulu karena sumpah, take-offnya lama banget. Sampe kek memperhatiin pesawat yang posisinya kek ada lampu merah trus nunggu lampunya ijo lol. Depan kiri kanan isinya pesawat yang gantian mau take-off. Dari masuk pesawat jam 9, take-offnya baru jam 10 kurang. Lama banget kan? Gw sampe mikir, jangan-jangan nyampe di SGnya juga ngaret nih lol. 

Karena si Muti pengen tidur, akhirnya gw pun juga berhenti ngobrol, ngeliatin pemandangan dari kaca. Trus gw merasa heboh sendiri dalam hati karena ngeliat pulau seribu dari atas!!! Katrok ye, hahaha. 

P_20171124_095021_vHDR_Auto

Di dalam pesawat, dibagiin semacam formulir arrival yang musti diisi dan dikasih ke Arrival Immigration di Singapore nantinya. Akhirnya, sesuai jadwal landing seharusnya, jam 12 waktu Singapore, akhirnya mendarat juga! Setelah sempat ngira bakalan ngaret, ternyata ngga. Sepertinya durasinya udah diitung plus sama ngantri take-offnya kali ya hahaha. Ngga penting sih, tapi gw lumayan uwaw bisa melihat Batam dari atas, dan posisinya tuh asli deket banget sama Singapore hahaha.

Turun dari pesawat, hal yang pertama kali dicari tau apa? TOILET! Yes, langsung cuss toilet. Toilet di SG tuh ngga ada pancuran airnya, pure pake tisu. Untung aja ngga lagi dapet. Ada sih beberapa bilik yang ada semprotan airnya, cuma kek wc jongkok dan kek pake selang gtu ckckck.

Abis dari toilet, sedikit touch up dan ngasih duit SG titipan Muti, hal kedua yang dicari adalaaaah, dispenser! Aus men, ga bisa minum di pesawat, abis nyampe langsung refill deh. Abis itu cari wifi. Dapetin password wifinya musti scan paspor gtu sih. Abis toilet, isi air dan wifi, otw Arrival Immigration dan………… jengjeng anjir dah, antriannya panjang bener. Untung berdua sama Muti, at least sambil nunggu bisa ngobrol. Mungkin karena pas dateng, ada dari negara lain juga yang nyampenya samaan, jadi antriannya panjang deh. Sampe akhirnya giliran tiba, kesan pertama sama petugas imigrasi? “Ini orang capek banget apa ya, matanya sayu banget kek orang ngantuk.” LOL.

Imigrasi udah oke, cus ke bagian bagasi. Saking kelamaan di Imigrasi, koper kita berdua udah kek dipinggirin gtu. Plus krupuk entah punya siapa. Karena kerupuk ngga tau punya siapa, yaudah singkirin aja sekitaran bagasi, siapa tau ada yang mau ambil.

Keluar dari bagian arrival, yang pertama dicari: Singtel Card! Menurut informasi, SIMCard Singtel bisa dicari di bandara, tapi kok tanya-tanya, ngga cuma Singtel, adanya cuma paketan sekitara 30 dolar ama 50 dolar? Anjir kebanyakan. Seharusnya ada yang jual versi $15, tapi mereka bilang ngga ada jual. Duh. Yaudah gw bilang sama Muti, gw ngga papa ngga ada internet. Gw bergantung sama Muti ya, gitu. Muti ceritanya pake paket roamingnya Telkomsel.

Hal yang dicari kedua setelah Singtel yang gagal, EZ Link! EZ Link ini perlu banget buat naik MRT ato naik Bus selama di SG. Harga normalnya $12, tapi kebetulan ada yang jual dengan harga $10 ($5 kartu, $5 saldo). Yaudah, langsung beli aja!

EZ Link udah dapet, otw ke Terminal 2, karena MRT adanya di Terminal 2. Jetstar kita turunnya di Terminal 1. Dari Terminal 1 ke Terminal 2, kita naik semacam kereta yang ngehubungin antara Terminal 1 ke Terminal lainnya. Kalau ngga salah sih, namanya Skytrain. Kayaknya. Lupa gw.

Nyampe Terminal 2, eh, nemu Hello Kitty!

P_20171124_141851_vHDR_Auto

Tadinya mau langsung foto sama Hello Kitty, tapi karena laper, kita turun kebawa dulu cari makan. Sampai akhirnya dibawah, menemukan McD. McDnya ofc menunya beda sama di Indonesia, tapi termasuk murah sih untuk ukuran makanan di SG. Gw beli semacam extra value meal seharga $5, udah isi burger double cheeseburger, french fries dan jasmine tea ukuran large (gw tanya minumannya boleh jasmine tea apa ngga, karena boleh yaudah jasmine tea aja. Sebisa mungkin ngehindarin cola deh). Baru nyampe di SG, gw semacam udah ngoceh, “Gw kangen nasi :(” lol.

Kelar makan, naik dulu ke lt atas lagi buat foto sama Hello Kitty, abis itu turun lewat escalator yang langsung ngelewatin dua lantai buat ke stasiun MRT. Kita tuh sebenernya nyampe jam 12 siang, tapi saking lamanya di Arrival Immigration, ada kali yah sejam, ditambah ritual toilet, refill air, wifi, makan, foto, toilet lagi, baru naik MRT sekitar jam setengah 3. Karena bisa check in hostel dari jam 3, yaudah sekalian aja go to hostel!

Gw sama Muti kali ini menginap di Five Stones Hostel, lokasinya kurang lebih 5 menit jalan dari Bugis MRT Station. Sampai di Bugis Street, sambil geret-geret koper, kita jalan ke Hostel. Btw, hostel kita ngga jauh dari Haji Lane dan Masjid Sultan loh. Nyampe di Hostel, kita check in, sambil nanya jual Singtel dimana. Katanya coba cari di Sevel. Dikasih kunci, terus kita dibawa ke Lt 2 tempat Female Dorm. Sampai kamar, kita duduk-duduk bentar. Capek cuy. Hahaha. Sholat jamak Dhuhur-Ashar, tiduran bentar, dan sekitar jam 4, kita mutusin jalan. Sebelum jalan, kita pergi ke Sevel dulu yang deket Haji Lane. Tadinya sih mau foto-foto di Haji Lane, tapi kok asaan pemandangannya ngga enak banget, ga jadi deh :(. Ke sevel, nanya singtel, ternyata ada dong yang $15. Langsung beli deh. Abis beli, keluar bentar buat tuker kartu. Oke, internet nyala akhirnya!

Sekilas info, jadi pas nyampe Hostel, nyalain wifi, ternyata ada wa masuk dari orang kantor, nanya soal inputan yang biasa gw kerjain, karena gw nitip kerjaan ke temen juga ngajarin seadanya aja. Gw keluar dari hostel agak was-was karena ga ada internet, takut orang kantor butuh nanya ke gw, makanya gw langsung cari simcard. Untung aja ada.

Keluar dari Sevel, kita langsung nyebrang ke halte Bus, naik Bus ke Gardens by the Bay. Rencana awal tuh sebenernya, kita mau ke Merlion Park abis itu ke Gardens by the Bay. Sayang beribu sayang, baru aja kaki nyampe di halte bus, langsung hujan cuuuyyyy!! Ngga mungkin kan kita ke tempat outdoor dalam keadaan hujan? Akhirnya putar otak, milih langsung ke Gardens By The Bay karena indoor, dan mindahin rencana ke Merlion Park di hari lain. Lagian, udah molor juga sih dari rencana semula lol.

Oke, karena kalau satu hari dipost di satu entry, kayaknya bakal terlalu panjang. (Dan gw juga capek sih lol). Jadi, akan gw lanjutkan Day 1 di part 2.

See you!

tbc.


PS:
Reposted from my wordpress blog here.

You May Also Like

0 comments