First Abroad Trip: Singapore ~Part 1~

by - December 16, 2018

Seumur hidup gw, gw belum pernah ke luar negeri. Seriously. Maklum, keluarga gw sendiri bukan orang tajir, then kalau mau ke luar negeri, musti pake duit sendiri. Sesungguhnya, dari dulu tuh paling kepengen pergi ke Jepang, sampe pas mau pindah ke Jakarta, bela-belain bikin pasport soalnya anggapannya kepengen nabung banyak terus jalan-jalan ke Jepang. Sayangnya, halangannya banyak banget. Dari tabungannya kepake terus buat sesuatu yang ngga ngerti apaan (kepake buat beli tiket ke bali, dan sisanya nggak tau ngabur kemana aja), giliran ada duitnya temennya ngga ada, cutinya abis, giliran cutinya ada, duitnya dipinjem temen. Ckckck. Sampe paspor udah mau abis, keknya belum jadi-jadi juga. Udah dapet harapan, di PHP orangnya ngga bisa bareng. Sampe bawaannya pengen nekat pergi sendiri.

Diantara rasa nekat itu, ada sebuah ketakutan. Gw yang notabene ngga ada bayangan di luar negeri kayak gimana, pergi flight international prosedurnya kayak gimana, asa mau pergi sendiri ragu. Sampai ada temen kantor nyaranin, nyoba deh ke Singapore dulu, lumayan buat belajar.

Dan jengjeng, berhubung ada AFASG tahun 2017, dan ada temen yang kebetulan juga baru demen Seiyuu dan berminat sama AFASG, jadilah gw memutuskan pergi ke Singapore terlebih dahulu. Kebetulan, paspor gw Juni 2018 expired. Karena perjalanan ke luar negeri minimal 6 bulan sebelum expired dan dalam 6 bulan itu musti diperpanjang lagi, gw ngerasa sayang kalau itu paspor keburu abis dalam keadaan kosong melompong. Okay, ayo pergi ke SG, kata gw kala itu.

AFASG 2017, gw dan temen gw Muti, beli tiket untuk hari Jum'at, 24 November 2017 sampai dengan Minggu, 26 November 2017. Kita berdua sesungguhnya sama sekali ngga tau siapa Seiyuu yang bakal datang dan bakal hari apa. Gw sih sedikit research, kalau Seiyuu itu ngga bakal ada di bagian malem, paling banter cuma sampe sore. Yaudah, akhirnya kita berangkat Jum'at pagi, dan pilih penerbangan baliknya malam, jam 8.30.

Sesungguhnya sih, siapapun yang datang, niat awalnya memang sekalian jalan-jalan. Kebetulan karena gw belum pernah ke SG, otomatis gw pun kepengen jalan-jalan. Sampe rasanya, saking excitednya mikirin rencana perjalanan, sampai-sampai rasanya kepengen Seiyuu yang nggak disuka aja yang datang, biar ga jadi ke AFASG trus bisa jalan-jalan sepuasnya. Hahaha!

Faktanya, sebetulnya, setelah pesan tiket pesawat, baru ketauan kalau adik gw bakalan di wisuda tanggal dimana gw ke SG. Tiket sudah dibeli, ngga lucu kalau dibatalin. Mau ngga mau, ngga bisa dateng ke wisuda adik walaupun kepengen :( Padahal udah lama dinanti-nanti tuh pengen ijin dari kantor buat dateng ke wisuda adik huhu. Yaudah deh, apaboleh buat.

Beberapa bulan menunggu, sampai akhirnya pengumuman Seiyuu pun keluar. Dan jengjeng, yang datang malah Seiyuu yang termasuk paling disuka. KAKKI dan TOSSHI! Dan posisinya pas. Gw suka banget sama Kakki, Muti suka banget sama Tosshi. Takdirnya begini banget yah :)) Gw pas denger tuh sampe jingkrak-jingkrak nggak karuan. Bersyukur banget gw memilih ke SG tahun ini. Tahun lalu ga bisa ke AFASG padahal yang dateng Noburin sama Daiking sama Matsuoka :(

Menunggu dan menunggu, akhirnya jadwalnya keluar. Mereka ada si Stage AFASG hari Minggu, 26 November 2017. Wah, mikirnya, Jum'at Sabtu bisa fokus jalan-jalan, hari Minggu fokus AFA abis itu langsung pulang.

Dan ternyata, mereka ngga cuma dateng di Stage. Ternyata ada Meet & Greetnya juga, bayarnya beda lagi dari AFASG Exhibition + Stagenya, musti beli online dan bayar SGD 95. Dan gw sama Muti langsung berusaha ngejer tiket M&G. Saking parnonya nggak kebagian, kita sampe dengan gilanya bela-belain daftar Premium Member AFAWORLD, yang fee setaunnya kita bagi dua. Yah, walaupun sebenernya kayaknya ngga daftar Premium Membernya juga bakal dapet tiket M&Gnya sih.

Urusan beli tiket M&G sesungguhnya membuat gw agak melupakan kegalauan gw soal rencana pergi ke Jepang taun depan yang kehalang urusan paspor yang belum diperpanjang. Sampai detik blog ini ditulis sih, sebenernya masih ngambang itu rencana karena gw ngga bisa gerak sama sekali buat beli tiket gara-gara paspor. Mari berdoa saja semoga Allah kasih jalan gw buat pergi ke sana tahun depan hahaha. #OOT

Tiket pesawat sudah lunas, Hostel sudah di book, itinerary sudah dibuat seadanya, duit sudah ditukar ke SGD, semua persiapan sudah beres, saatnya pergi!

tbc. :
Reposted from my wordpress blog here.